Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru BK dalam Menyusun Silabus dan RPL

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode diskusi kelompok terfokus dapat meningkatkan kemampuan guru-guru BK SMA Negeri di Kecamatan Seririt, Kecamatan Gerokgak, Kecamatan Busungbiu, dan Kecamatan Banjar dalam menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan pengumpulan data, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru-guru BK di SMA Negeri 1 Seririt, SMA Negeri 1 Gerokgak, SMA Negeri 2 Gerokgak, SMA Negeri 1 Busungbiu, SMA Negeri 2 Busungbiu, SMA Negeri 1 Banjar, dan SMA Negeri 2 Banjar yang berjumlah 18 orang. Data tentang kemampuan guru BK menyusun silabus dan RPL dikumpulkan dengan metode studi dokumen. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) perolehan  nilai kemampuan menyusun silabus awal diperoleh nilai rata-rata yaitu 39,10 (kurang) menjadi 71,16 (cukup) di siklus I, dan meningkat menjadi 85,03 (baik) di siklus II; dan 2) kemampuan guru dalam menyusun RPL awal diperoleh nilai rata-rata yaitu 51,69 (sedang) menjadi 76,79 (baik) di siklus I, dan meningkat menjadi 88,89 (baik) di siklus II. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa diskusi kelompok terfokus dapat meningkatkan kemampuan guru BK SMA Negeri di Kecamatan Seririt, Kecamatan Gerokgak, Kecamatan Busungbiu, dan Kecamatan Banjar dalam menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) Bimbingan dan Konseling.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di sini
Oldest